Pesona Pantai Tanjung Kalian

Share

 

Hallo guys… kali ini kita akan explore tentang Muntok, Bangka Barat. Ada yang pernah kesini ??

Salah satu tempat wisata populer di Muntok adalah Pantai Tanjung Kalian. Oke, kita akan telusuri apa sih yang unik dari Pantai ini. Cekidot…

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinisi Bangka Belitung.

Jarak dari kota Muntok sekitar 9 Km dan cukup jauh sekitar 140 Km dari Kota Pangkal Pinang.

Nah, kalau berkunjung ke Pantai ini bagaikan “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Karena apa? Kita tidak hanya menikmati suasana pantai nan indah, nuansa sejarah juga ada, wisata kuliner melengkapi, melihat pemandangan dari atas puncak mercusuar juga bisa. Mari kita lihat objek wisatanya satu-persatu.

Pasir Kuarsa di Pantai Tanjung Kalian

Foto : Dok.KKN BBL04’15

Keunikan pantai ini terdapat pada pasirnya yang secara umum kita akan melihat warna putih kemerahan. Pantai-pantai di Bangka Belitung yang terkenal dengan batuan granit yang besar-besar ini sangat berbeda dengan pantai satu ini. Pasirnya berwarna putih, kasar, dan berbentuk kuarsa. Lautnya biru dan ombaknya kecil, jadi bagi wisatawan yang ingin bermain air dan mandi boleh banget ini.

Menyimpan Sejarah

Pantai ini menjadi saksi sejarah pada masa-masa perjuangan kemerdekaan Indonesia karena pantai ini menjadi salah satu pantai yang sering dikunjungi oleh bapak pendiri Bangsa kita Bapak Ir.Soekarno. Terdapat 3 objek sejarah pada pantai ini antara lain mercusuar, pelabuhan, bangkai kapal tua dan monument.

Mercusuar Tj. Kalian

Foto : Dok.KKN BBL 04’15

 

Sampai saat ini mercusuar Tj. Kalian masih berfungsi dengan baik. Karakteristik Mercusuar ini antara lain : buatan Belanda pada tahun 1862, tingginya 56 meter, 117 tangga batu yang berbentuk melingkar, 2 lantai terakhir berupa tangga kayu, setiap lantai terdapat lubang sirkulasi udara dengan diameter 30 cm, puncak mercusuar berupa balkon dengan lebar 0.5 meter dan terdapat pagar setinggi 50 cm mengelilingi bangunan utama ini, dan terdapar lampu sorot navigasi. Fungsinya untuk memancarkan cahaya lampu sejauh sekitar 40 mil dengan kekuatan 1.000 watt untuk memandu kapal-kapal yang memasuki Selat Bangka. Lampu ini terbuat dari gelas tebal dan masih asli, mampu bertahan 12 jam dengan 20 liter solar setiap kali dinyalakan. Wisatawan bisa menaiki mercusuar ini dengan tarif Rp.5000,-.

Foto : Dok.KKN BBL04’15

 

Bangkai Kapal Tua Van Den Parra

Foto : Dok.KKN BBL04’15

 

 

Kapal ini tenggelam karena bom atom oleh Jepang. Kapal ini sudah karatan hanya tersisa bangkai-bangkai kapalnya saja, dan hamper tertimbun oleh pasir-pasir pantai.

Monumen perang dunia II yang dibangun pada 2 Maret 1993

Foto : Dok.KKN BBL04’15

 

Singkat cerota, pembangunan monument ini untuk mengenang korban tragedy Bangka Massacre (pembunuhan massal) yang terjadi pada perang Dunia ke II. Monument ini dibangun di depan Mercuasuar, dekat kapal Van Den Parra dan berada di tepian pantai. Tahun 1942, bulan februari, kapal Vyner Brooke membawa serdadu luka dan 64 perawat Australia dari Singapura saat melewati Tj. Kalian kapal tersebut dibom oleh Jepang. 22 orang yang selamat kemudian menyerahkan diri, tapi kemudian mereka dibunuh. Satu orang dari mereka selamat. Untuk mengenang sejarah ini maka dibangun monument ini. Biasanya pada bulan februari wisatawan Australia berkunjung kesini untuk mengenang sejarah tersebut.

Pelabuhan Tj. Kalian

Foto : Dok.KKN BBL04’15

 

Pelabuhan ini tempat berlabuhnya berbagai kapal yang akan bertujuan ke Palembang. Dalam sehari terdapat 2 sampai 3 kapal fery menjuju Palembang dengan keberangkatan paling sore pukul 17.00 WIB.

Kuliner Khas Bangka

Foto : Dok.KKN BBL04’15

 

Paling enak di sore hari yang ceria berkumpul dengan teman-teman, keluarga, atau kekasih hati menikmati sajian dan jajanan khas Bangka ini yaitu otak-otak ikan dan pempek. Dengan harga Rp.1000,- untuk satu otak-otak ikan yang tersaji dengan sambal yang enak akan menambah nikmatnya kuliner khas Bangka. Rasanya itu loh, terasa enaknya.

Yup, jika berkunjung ke tanah Bangka ini sempatin diri berkunjung kesini guys. Paket komplit deh. Cuci mata dapat, perut pun kenyang. HHee…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *