Baluran, The Little Africa in Java

Share

 

Hallo Rauners… kita akan kupas indahnya Baluran. Udah ada yang pernah nonton Love Spark in Korea. Cinta berawal di Baluran cuy…hhee… Siapa yang tak kenal Baluran, Baluran merupakan taman nasional yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Jawa Timur, Indonesia. Sebelah utara berbatasan dengan Selat Madura dan sebaleh timur berbatasan dengan Selat Bali. Di tengah taman ini terdapat Gunung Baluran, dan taman ini diapit oleh Gunung Semeru dan Gunung Ijen. Pesona alam yang indah menjadikan taman nasional ini menjadi destinasi utama di Banyuwangi, menjadi daya Tarik wisatawan lokal ataupun non lokal. Taman sering disebut sebagai miniatur savana Afrika, Little Africa in Java, ataupun Africa Van Java. Kita sebagai orang Indonesia boleh berbangga nih guys, akan keindahan pesona alam yang luar biasa ini. Destinasi yang bisa dikunjungi luasnya hamparan savana Bekol, hutan Evergreen Forest nan hijau, keindahan bawah laut pantai Bama, pesona Gunung Baluran, dan berbagai jenis spesies hewan yang dilindungi. Kita liat aja peta kawasannya ya guys…

Berdasarkan peta kita bisa mengetahui terdapat fasilitas spot pengamatan banteng, spot pengamatan burung, jembatan mangrove, spot snorkeling dan diving, penginapan, spot berkano, menara pandang, spot pengamatan satwa, jalan utama.

Ini harga tiket masuknya guys.

Gambaran Umum Taman Nasional Baluran

Luas taman ini 25.000 Ha, dengan tipe hutan yang mendominasi hutan savana. Spesies tumbuhan dan hewan di taman Baluran ini sekitar 444 spesies tumbuhan. 26 jenis mamalia dan 155 jenis burung. Taman Baluran ini menyuguhkan flora yang tumbuh alami dengan spesies yang khas, seperti widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), dan mimba (Azadirachta indica). Ketika tumbuhan lain tidak mampu bertahan di musim teriknya matahari, maka tumbuhan ini mampu bertahan ketika yang lainnya meranggas. Suguhan gerombolan berbagai spesies hewan yang bebas berkeliaran. Mulai dari rusa yang berlarian, monyet-monyet yang bebas berlalu lalang dan bergelantungan, kicauan burung, gerombolan kerbau yang lahap memakan rumput, serta merak yang menari-nari indah dengan melebarkan ekornya.

Akses

 

Dari pintu masuk kita membutuhkan 12 km untuk menuju lokasi wisata Bakol. Perjalanan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Jauh banget guys, apalagi kalau ditemani hujan rintik-rintik, jalannya agak buruk. Tapi tenang saja, susah dalam perjalanan akan diganti oleh indahnya pemandangan alam dan isinya. Saat memasuki km 12 nya guys, pemandangannya membuat mata adem guys.

Luasnya hamparan savana, tumbuh kokoh pohon kehidupan

 

Pesona Gunung Baluran

 

Beberapa spesies hewan yang ditemui

 

 

 

Melihat dari Gardu Pandang

 

See you next trip guys..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *