Pantai Boom Banyuwangi,Nuansa Maritim,Sejarah,Panorama,dan Budaya

Share

Hallo rauners, wisata peralihan memang tak ada habisnya jika dikupas pesona unik bahkan panorama yang ada disana. Kali ini kita akan berwisata ria ke salah satu pantai yang memiliki sejarahnya yaitu Pantai Boom. Pantai ini setelah mengalami perombakan yang cukup pesat, sarana, prasarana, juga peningkatan kebersihan telah dilakukan sejak tahun 2014, hal ini didasari oleh kesadaran pemerintah setempat yang menjadikan Banyuwangi sebagai salah sektor wisata. Lokasi Pantai Boom terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai Boom dahulunya merupakan salah satu pelabuhan terpenting pada tahun 50-an, terkenal dengan dermaga penyeberangan yang menghubungkan antara Banyuwangi, Jawa Timur dengan Pulau Bali. Pelabuhan ini dahulunya ramai sebelum dibangun pelabuhan Ketapang. Sampai sekarang masih terdapat aktivitas di dermaga tersebut, seperti tempat parkir kapal, rutinitas nelayan, ataupun memancing.

Akses yang mudah dijangkau oleh wisatawan karena berada di bibir kota Banyuwangi dan relative dekat dengan alun-alun kota. Pantai ini menawarkan sajian aneka kuliner Food Court Banyuwangi dengan deretan kios-kios makanan dan menjadi salah satu tujuan “hangout” bagi anak muda dan warga Banyuwangi. Selain pantai yang mengandung historis, Pantai Boom kerap dijadikan lokasi perayaan kesenian budaya, seperti : Festival Gandrung Sewu (Penari yang berjumlah 1000 orang menari di sebuah teater terbuka yaitu beralaskan pasir pantai Boom). Di sepanjang pantai ditawari kursi dengan payung warna-warni untuk menikmati suasana pantai. Pantai Boom ini memanjakan mata untuk menatap ke depannya, karena wisatawan dapat memandangi Pulau Bali dari negeri seberang.

Selain bermain pasir, bermain ditepian pantai, fasilitas penyewaan kuda bagi pelancong yang ingin menunggangi sambil menjelajah Pantai Boom juga menjadi daya tarik berkegiatan di pantai ini.Wisata historis di Pantai Boom antara lain Makam Pahlawan Wisma Raga Laut dan Tugu Inkai. Taman Makam Pahlawan ini merupakan makam pahlawan pasukan ALRI yang tewas pada saat pertempuran melawan penjajah Belanda. Tugu Inkai dibuat untuk memperingati “Tragedi Inkai” yang terjadi pada tahun 1982 yaitu hilangnya para peserta Pelatihan Karate Banyuwangi akibat ditelan ombak.

 Pantai Boom dengan Logonya

Wisata Santai

Menikmati Panorama

Foto : www.banyuwangibahagia.com

 

Foto : www.banyuwangibagus.com

Dermaga Pantai Boom

Foto : www.ma.fatahna.my.id

Festival Kesenian di Pantai Boom

Foto : www.greatindonesia.com

Sajian Kuliner Food Court

See you next trip guys..

One thought on “Pantai Boom Banyuwangi,Nuansa Maritim,Sejarah,Panorama,dan Budaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *