Waktu Berkunjung ke Batammu Singkat? 7 Wisata ini Sudah Mampu Mewakili Liburanmu

Share

Waktu liburan terbatas? Jangan khawatir 7 tempat wisata ini sudah bisa mewakili kamu berkunjung menikmati keindahan wisata dan nuansa kota Batam. Anda bisa menikmati suasana kota ini, mempelajari ritme kehidupan, mencari sesuatu yang unik, mempelajari karakteristik pulau Batam. Pulau kecil yang memberikan kehidupan di atasnya. Uniknya di sekitaran pulau Batam dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya yang berdekatan, pasir pantai umumnya berwarna cream cerah mengelilingi pulaunya, disertai tanah terlihat coklat cerah jika lahan tersebut lahan kosong, bukit-bukit tidak terlalu tinggi, laut membaharu biru, dan tidak menemukan gunung. Pulau Batam merupakan pulau rantauan, banyak pendatang dari berbagai etnis, agama, daerah asal untuk mencari nafkah yang berjuang disana. Berikut ini 7 destinasi wisata populer di Batam :

Say “Hello to Alun – alun Batam”

Foto : www.keprimedia.com

Keindahan malam hari dengan nuansa cerah untuk mendatangi alun-alun Batam. Alun-alunnya luas, dihiasi dengan taman – taman, dan lampu kelap – kelip berkilauan. Disana juga terdapat masjid yang berdiri kokoh dan megah. Tulisan “Welcome To Batam” seakan menjadi simbol Hollywoodnya Batam. Bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Batam alangkah asyiknya jika mengunjungi Alun-alun Batam pada malam hari.

Barelang nan Menjulang

Foto : www.dhiekanchuters.deviantart.com

Jembatan ini begitu terkenal bisa dibilang jika ke Batam ke Barelang dululah. Jembatan ini menghubungkan pulau-pulau kecil disekitarnya. Penamaan Barelang singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG yang menjadi cikal bakal penamaan jembatan ini. Banyak turis juga berkunjung kesana. Jembatan yang paling bagus berada di Jembatan pertama karena selain desainnya bagus juga memiliki panorama yang bagus.

Pantai Mirota

 

Berada setelah jembatan V di pulau Galang. Pantai Merota memiliki jenis pasir yang beraneka dari pasir halus sampai kasar. Batuannya meruncing ke atas, berlapis-lapis dan berwarna kemerahan. Pantai merota ini memiliki sudut kemiringan sekitar 10 derjat, dengan jarak garis tepi pantai normal (gisiknya sekitar 8 meter). Selain bermain air, acara piknik bersama keluarga di Pantai Mirota sambil membawa bekal dari rumah dan makan bersama di tepian pantai akan memiliki kebahagiaan tersendiri bersama orang-orang yang disanyangi.

Kampung Vietnam, Ukiran Alam Sejarah

Foto : www.kompasiana.com

Berlokasi di Pulau Galang, Batam seluas 80 Ha. Hal yang unik disini yaitu ketika memasuki objek wisata ini. Banyak kera disepanjang jalan sudah menanti. Seakan mereka tahu akan diberi makanan oleh para pengunjung dari dalam mobil. Berjejeran dan mereka tidak takut. Kampung Vietnam menyimpan sejarah orang-orang Vietnam yang melarikan diri dan menjadi pengungsi di Indonsia akibat perang. Disana terdapat makam, miniatur kapal, rumah sakit, camp, dan terlihat sudah usang.

Yuk Belajar di Miniatur rumah adat Nusantara

Foto : www.anakku.net

Berada di Golden House, Bengkong. Salah satu objek wisata disana, disajikan dengan rumah-rumah adat yang sudah dibuat dari semen tersebar merata di lokasi taman, dan sejuk. Pengenalan rumah adat dan juga binatang nusantara menjadi salah satu wisata edukasi dalam bentuk 3D.

Mesjid Muhammad Cheng Ho Batam

Foto : chai-capcay.com

Tak jauh dari Miniatur Rumah Adat Nusantara kita bisa melihat mesjid cina. Mesjid Muhammad Cheng Ho, desainnya begitu unik dengan warna kemerahan.

Tanjung Pinggir, Meneropong Negeri Seberang

Foto : www.3.bpblogspot.com

Pantai Tanjung Pinggir, di pantai ini kita bisa melihat negara tetangga, yaitu Singapura. Melihat secara horizontal dalam satu garis lurus yang dibatasi oleh laut. Berada dengan rata-rata ketinggian yang sama tetapi sudah beda negara. Biasanya kalo di peta melihat batas wilayah dengan batas administrasi dengan simbol garis. Kemudian dilihat secara nyata batas tersebut entah berada pada posisi mana. Batas laut teritorial dan semacamnya yang membatasi orang berlalu lalang antar dua negara.

Mesjid Jabal Arafah

Foto : www.arnellyafitri.com

Berada di dekat nagoya Hill yaitu mall yang paling besar dan terluas di Batam. Di mesjid ini kita bisa menaiki menara dengan tiket Rp. 5000 untuk orang dewasa. Katanya kalo siang hari dengan cuaca cerah kita bisa melihat negara tetangga dengan jelas. Waktu itu aku dan sepupuku berkunjung kesana malam hari. Nuansa lampu seakan melihat bintang-bintang dari ketinggian untuk melihat kota Batam sekitarnya, disana juga disediakan teropong untuk memandang lebih khusuk…heee..

Sekian dulu ya guys.. See you next trip…

2 thoughts on “Waktu Berkunjung ke Batammu Singkat? 7 Wisata ini Sudah Mampu Mewakili Liburanmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *