Lawang Sewu, Pintu Seribu dari Semarang, Jawa Tengah

Share

Hallo rauners, kali ini kita akan menuju ke Semarang, Jawa Tengah. Salah satu destinasi wisata favorit di Semarang adalah Lawang Sewu. Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata yang tak terlewatkan jika berkunjung ke negeri Semarang. Lawang Sewu terkenal dengan arsitektur bangunan khas Belanda, dahulunya gedung ini merupakan kantor dari  Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS sehingga gedung ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Indonesia. Lokasi Lawang Sewu ini sendiri berada di pusat kota. Banyak wisatawan domestic ataupun mancanegara yang kerap mengunjungi objek wisata ini. Lawang Sewu sendiri beralamat di Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50132.

Lawang Sewu diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu pintu seribu menyimpan banyak sejarah yang terdapat di dalamnya. Gaya Arsitektur bangunan ini memiliki banyak pintu, dan terdapat jendela dengan ukuran lebar dan tinggi juga mengelilingi bangunan tersebut dengan jumlah yang banyak. Gedung bergaya art deco (1850-1940) tiga lantai merupakan buah karya arsitek Belanda, Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Tipe arsitektur buah karya arsitek ternama ini memang membuat kagum para pelancong yang berwisata kesana. Gedung ini terletak di bundaran Tugu Muda (Wilhelminaplein), dibangun pada tahun 1904, selama tiga tahun kemudian pembangunan selesai pada tahun 1907.

Tampilan bagian depan lawang sewu seperti gambar diatas. Gedung ini mengambarkan kesan megah deangan desain khas gaya arsitektur belanda.

Setelah memasuki kawasan gedung ini kita disuguhkan informasi cetak kawasan cagar budaya lawang sewu. Tampilan informasi gedung lawang sewu ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu bagian sisi tepi informasi sejarah dan keterangan denah, bagian tengah informasi terdapat denah bangunan 2D. Pada denah ini kita bisa melihat gedung apa saja yang terdapat dalam kawasan cagar budaya lawang sewu, terdapat lima gedung utama, kemudian diselingi fasilitas lainnya. Kita juga bisa membaca sejarah secara umum gedung lawang sewu.

Sumber : www.lifestyle.liputan6.com

Tampilan foto udara secara condong terhadap bangunan kuno Lawang Sewu seperti foto diatas. Bagus bukan ?

Spot foto yang paling bagus nih guys, berada disisi 45 derjat dari sisi siku-siku gedung A (Ruang Pamer) yang menunjukkan icon Lawang Sewu.

Pada tanggal-tangal tertentu terdapat event yang diadakan di sini loh guys…

Ini nih guys…Deretan desain pintu yang dimaksud. Foto disini juga bagus loh.

Jika ingin tahu sejarah yang diliput oleh kabar dari liputan6 bisa klik link dibawah ini ya guys.. isinya berupa video yang akan menambah wawasanmu.

Potret Lawang Sewu Sebagai Bukti Sejarah yang Menyimpan Misteri

sekian dulu ya guys.. See next trip..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *