Sentuhan Kreativitas, Hutan Mangrove Jembatan Api-Api, Kulonprogo menjadi Wisata Alam nan Menggoda

Share

Hallo raunners…kali ini kita berkunjung ke hutan pesisir, yaitu hutan mangrove. Hutan mangrove selain memiliki fungsi ekologi, dan ekonomi juga memili fungsi lain sebagai wisata. Mangrove memiliki peranan penting untuk mencegah terjadinya abrasi dari laut. Juga sebagai berkembang biaknya berbagai jenis ikan di dalamnya. Peruntukkan lain yang berada di kawasan objek wisata ini yaitu tambak udang. Seiring berkembangnya zaman, maka konservasi, pelestarian juga dapat berkembang sebagai wisata. Tentu saja hal ini memberikan peluang baru dalam sektor ekonomi dan wisata. Salah satu destinasi wisata terbaru yaitu Objek Wisata Hutan Mangrove Api-Api. Lokasi wisata ini terletak di Kelurahan Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan lokasi koordinat -7.894648 LS, 110.025362 BT.

Luas kawasan objek wisata ini sekitar 3 Ha. Objek wisata ini semakin ramai pengunjung, awal berdirinya dikelola sendiri oleh masyarakat setempat. Objek wisata ini sudah berdiri lebih kurang 1,5 Tahun. Awal permulaan tahun 2016 objek wisata ini mulai dikelola dan dikembangkan. Penasaran bukan mengapa nama pemberian objek wisata ini hutan mangrove jembatan api-api?

Jawabannya adalah dominan mangrove yang ditanami disana berjenis Avicennia atau dengan nama lain mangrove api-api. Sedangkan yang Jembatan api-api merupakan ikon dari objek wisata ini, karena jembatan ini dahulunya merupakan jembatan yang digunakan oleh nelayan untuk menyebrangi sungai Bogowonto. Yang menjadi kesan khas dari objek wisata ini kebanyakan bahan utamanya berasal dari bambu. Kemudian penambahan spot wisata lainnya antara lain : Jembatan Api Api, Pantai Pasir Kadilangu, Wanatirta Pasir Mendit, dan Maju Lestari. Dari ke empat objek wisata ini paling nge-hits saat ini yaitu wisata alam hutan mangrove Jembatan Api Api.

Kawasan wisata ini dibuka dari jam 06.00-19.00, tariff masuk Rp.5000,-/orang. Tariff biaya parkir Rp. 2000,- untuk parkir motor, dan Rp.5000,- untuk parkir mobil. Fasilitas yang sudah terdapat disana diantaranya fasilitas toilet, area parkir, post informasi, wahana spot selfie, wahana wisata perahu, dan rumah makan.

Berikut ini situasi kawasan wisata :

Foto jenis mangrove Avicennia (Api-Api) :

Spot wisata :

see you next trip guys…

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *